Temui Para Finalis SAWIT Challenge

Sembilan inovator dengan ide terobosan untuk minyak sawit yang berkelanjutan:

 

Cadasta Foundation & Humanitarian OpenStreetMaps

Lokasi: Amerika Serikat

Pimpinan: Kate Chapman

Cadasta Foundation adalah organisasi sosial nirlaba yang menyediakan alat-alat dan kebutuhan untuk menguji pendekatan-pendekatan baru untuk mencatat data hak sumber daya dan lahan, mempromosikan penggunaan teknologi dan proses ‘sesuai kegunaan’. Humanitarian OpenStreetMapping Team (HOT) mendukung proyek pemetaan masyarakat di seluruh dunia dan membantu orang-orang untuk menciptakan peta mereka sendiri untuk pembangunan ekonomi dan kesiapan bencana. Bersama, Cadasta Foundation dan HOT telah membangun sebuah platform berbasis komputasi awan open-source, mengelola dan menyimpan data untuk kasus-kasus penggunaan yang terkait dengan kepemilikan tanah. Melalui inovasi ini, tim ini menawarkan solusi untuk membantu para petani kecil memetakan lahan pertanian dan mengamankan hak properti dengan memperkuat keamanan kepemilikan tanah petani kecil, memanfaatkan masyarakat dan pemetaan infrastruktur produksi minyak sawit, memetakan produktivitas petani, dan secara spasial memungkinkan rantai suplai agar dapat ditelusuri. 

EcoHub Global

Lokasi: Singapura

Pimpinan: Alistair Douglas

Ecohub adalah inisiatif swasta-pemerintah yang mempersatukan industri, organisasi non pemerintah, dan pemerintahan untuk meningkatkan keuntungan, keberlanjutan, dan tanggung jawab sosial dari rantai suplai. Untuk SAWIT Challenge, EcoHub mengajukan sebuah aplikasi ponsel yang gratis, dengan kemampuan memberikan akses kepada para petani kecil terhadap informasi harga dari pabrik, peta ke masukan-masukan agrikultural, dan informasi praktik agrikultural yang baik. Aplikasi ini juga berlaku sebagai sebuah platform untuk berkomunikasi dengan para pembeli, pemroses, dan koperasi. Solusi ini menggunakan teknologi yang sudah ada untuk mengkonsolidasikan konten dan sumber data yang dbutuhkan para petani kecil, dari yang tadinya tersebar menjadi satu poin akses. Konten dimasukkan ke dalam sebuah platform konten opensouce untuk memungkinkan akses terhadap internet ponsel yang gratis dan tidak terbatas, komunikasi dan layanan pertanian termasuk layanan pesan, pemetaan ke benih, pasar dan tempat penjual peralatan, harga secara real-time, dan akses ke keuangan. Melalui proses ini, EcoHub akan mengikutsertakan materi pelatihan sederhana dan memanfaatkan program pembangunan, organisasi non pemerintah, dan badan pemerintahan untuk menjangkau, mengajar, melibatkan, dan memberi dampak kepada petani kecil di dalam sebuah proses untuk mengatasi batasan-batasan literasi digital, menuju sebuah kesertaan. 

Indonesian Oil Palm Research Institute (IOPRI)

Lokasi: Indonesia

Pimpinan: Dr. Abdul Razak Purba

IOPRI adalah sebuah institusi riset yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia, yang berfokus mengadakan riset, menyediakan produk dan layanan, serta mengedukasi para petani kecil dan penanam untuk mendukung keberlanjutan industri minyak sawit. Sejak 1916, IOPRI telah terus mengusahakan hal terbaik bagi industri minyak sawit melalui kolaborasi dengan para pemangku kepenntingan di dalam industri: petani kecil, perusahaan swasta, pemerintah, akademisi, organisasi non-pemerintah, dan institusi riset. Inovasi yang dibuat institut ini untuk SAWIT, PROWITRA, menawarkan peralatan untuk meningkatkan masukan pertanian dan membantu petani kecil meningkatkan hasil panen dan produktivitas dengan memberikan akses kepada benih minyak sawit berkualitas tinggi, bahan penanaman, dan bantuan teknis. 

Landmapp

Lokasi: Belanda

Pimpinan: Simon Ulvund

Landmapp adalah sebuah platform mobile yang menyediakan dokumentasi lahan dan akses layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pedesaan. Inovasi SAWIT Challenge dari Landmapp membantu para petani kecil memetakan lahan pertanian dan mengamankan hak properti melalui teknologi dan proses. Landmapp bekerja langsung dengan petani kecil untuk memetakan lahan mereka, memperoleh data, dan mengajukan aplikasi titel ke BPN untuk titel resmi. Inovasi ini berfungsi melalui sebuah kerja sama dengan surveyor lahan resmi yang memiliki hubungan dengan BPN, kemudian menjual dokumentasi ini kepada pedagang kecil dengan harga lebih rendah dari pasar. 

PT Koltiva

Lokasi: Indonesia

Pimpinan: Ainu Rofiq

PT Koltiva lebih dari sekadar pengembang piranti lunak – perusahaan ini adalah sebuah penyedia layanan terintegrasi untuk petani dan industri dengan teknologi termutakhir dan sumber daya manusia dalam pengumpulan data, pengelolaan data, dan pelaporan hasil. Perusahaan rintisan di bidang IT yang inovatif ini berfokus kepada solusi rantai suplai untuk ”mil pertama”, untuk menyediakan informasi yang transparan kepada para pemangku kepentingan. PalmOilTrace milik PT Koltiva menawarkan informasi pasar dan harga terbaru, pemetaan geografis terhadap pertanian dan aktor rantai suplai lainnya, penilaian resiko finansial petani kecil, dan akses kepada sertifikasi lahan dan sertifikat keberlanjutan. Menggunakan PalmOilTrace, organisasi petani, pedagang, dan pemroses di dalam rantai suplai minyak sawit memiliki satu alat untuk menjawab semua kebutuhan untuk rantai suplai yang transparan dan dapat ditelusuri.

PT Pandawa Agri Indonesia

Lokasi: Indonesia

Pimpinan: Kukuh Roxa Putra Hadriyono

PT Pandawa Agri Indonesia adalah bisnis agrikultur terintegrasi yang berfokus untuk meningkatkan praktik sektor agrikultur melalui produk-produk ramah lingkungan dan berkualitas tinggi. PT Pandawa Agri menawarkan solusi untuk masukan yang lebih ditingkatkan dan pembangunan kapasitas melalui sebuah herbisida organik yang disebut Adjuvant Weed Solution. Solusi ini – diproduksi dengan bahan-bahan lokal – dapat mengurangi penggunaan pestisida hingga 50 persen. Menggantikannya dengan herbisida dapat mengurangi penggunaan Paraquat, bahan terlarang yang tetap banyak digunakan di industri minyak sawit. 

SourceMap

Lokasi: Amerika Serikat

Pimpinan: Leonardo Bonanni

Sourcemap adalah yang terdepan dalam menyediakan visibilitas terhadap proses rantai suplai yang lengkap kepada perusahaan. Sejak 2011, mereka telah menjadi pionir jejaring sosial agar dapat ditelusuri dan lebih berkelanjutan, dan untuk transparansi rantai suplai kepada konsumen. Hasilnya adalah sebuah alat yang menguntungkan semua pihak, membantu petani kecil mengelola tanaman mereka dengan lebih baik, membantu organisasi petani mengelola usaha perluasan, dan menyediakan keyakinan bagi para pembeli mengenai pengaturan dan resiko yang terkait dengan setiap gelombang produk yang diterima. Inovasi SAWIT Challenge dari Sourcemap adalah sebuah platform penelusuran berbasis komputasi awan. Menggabungkan data yang dikumpulkan di lapangan dengan dasbor monitoring dan evaluasi untuk memberikan informasi lebih lanjut mengenai produktivitas, keberlanjutan, dan praktik sosial dari ujung-ke-ujung dalam rantai suplai minyak sawit kepada produsen, pedagang, dan perusahaan secara real-time. 

Stanford University

Lokasi: Amerika SErikat

Pimpinan: Joann de Zegher

Para inovator dari Stanford University menawarkan sebuah solusi untuk membantu petani kecil memperoleh pendanaan yang lebih terjangkau dan lebih tepat waktu: Early Cash Payments to Achieve Sustainable Small Holder Palm Supply Chains (Pembayaran Tunai Dini untuk Mencapai Rantai Suplai Petani Sawit Kecil yang Berkelanjutan). Solusi SAWIT Challenge dari Stanford menawarkan insentif sebesar 10 persen premi harga untuk petani kecil yang mematuhi peraturan keberlanjutan milik pembeli, dan hanya memberikan sebagian kecil biaya kepada pembeli. Premi harga datang dari memungkinkan petani kecil dibayar untuk kumpulan buah segar yang diantarkan ke pabrik, tidak seperti sebelumnya di mana mereka menunggu pembayaran yang tertunda atau menjual melalui perantara dengan diskon yang tinggi.

The Transitioning Smallholders to Sustainability Initiative (TSSI) - Konsorsium

Lokasi: Bentang Alam (Indonesia), Forset Carbon (Indonesia), SNV (Belanda), Financial Access (Belanda), dan Akvo (Belanda)

Pimpinan: Eelko Bronkhorst

TSSI sudah megembangkan sebuah skema investasi khusus untuk mendukung penanaman kembali dan pengembangan kepada petani kecil independen. Skema ini dilengkapi dengan sejumlah inovasi di dalam teknologi mobile, pemetaan dan monitoring, pengumpulan data, pelatihan praktik pertanian yang baik, dan struktur manajemen finansial. Dengan gabungan dari pengetahuan, kemampuan, dan peralatan, satu inovasi yang telah diciptakan TSSI adalah sebuah teknologi keuangan yang berfokus untuk meningkatkan akses petani kecil terhadap modal finansial. Inovasi SAWIT Challenge ini menggabungkan uang tunai dan pinjaman masukan tani yang dapat mengurangi resiko dari institusi finansial dan meningkatkan nilai bagi petani dengan cara bernegosiasi untuk perjanjian input tani yang lebih baik. TSSI memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas petani kecil minyak sawit dan meningkatkan pendapatan petani sambil mengurangi resiko deforestasi.